PENGEMBANGAN KEPEMIMPINAN, Mengapa Penting....

Published on December, 1st 2014
Written by Jack Alenzo

Pengembangan perusahaan tidak lepas dari keberhasilan karyawan dalam menjalankan roda perusahaan.  Sayangnya, perkembangan perussahaan yang sangat pesat seringkali bekum didukung oleh kesiapan para pemimpinya.  Hal ini dapat menyebabkan perusahaan kehilangan peluangn bisnis yang seharusnya dapat dirahi.

Ketika bisnis sedang stagnan, atau krisis, anggaran pengembangan karyawan termasuk anggaran yang paling sering dipangkas, bahakan paling duluan.Akibatnya adalah saat kondisi ekonomi dan perusahaan kembali memasuki masa pertumbuhan, karyawan tetap tidak siap pakai dan butuh waktu untuk berkemabng.Akhirnya perusahaan kehilangan kesempatan emasnya di dalam bisnis.

Oleh karena itu pengembangan karyawan harus dipandang sebagai sebuah proses yang berkesinambungan.Bukan “hadiah” bagi karyawan saat bisnis sedang berkemabngan saja, namun justru dapat merupakan persiapan calon pemimpin yang dapat dilakukan saat bisnis sedang tumbuh juga sedang stagnan.

Karyawan bertalenta selalu menjadi rebutan para pelaku industri.Saat industri berkembang dan calon pemimpin dari dalam belum siap. Perusahaan akan melirik talent dari perusahaan yang lain dan membeli mereka secara instan. Mc Kensey dalam bukunya “the war of talent” juga menyatakan bahwa dalam lima tahun terakhir, perusahaan-perusahaan besar dunia kehilangan sekitar 30% karyawan bertalenta dalam organisasinya.

Pada buku tersebut terdapat sebuah hasil survey penting yaitu 40-50% eksekutif dan pimpinan perushaan yang diambil dari luar ternyata mengalami kegagalan di organiasi barunya.Hal ini membuktikan bahwa pengembagan karyawan bertalenta di dalam perusahaan memainkan peranan yang amat penting bagi keberhasilan perusahaan.Sehingga amatlah pentingbagi perusahaan untuk menjaga aset berharga tersebut agar tetap merasa terikat dan memilih untuk tinggal serta berkontribusi dalam perusahaanya.

  •  

Karyawan bertalenta tentu akan semakin diperebutkan karena jumlahnya yang sedikit dan kegiatan pengembanganya yang juga tidak mudah dibandingkan tingkat kebutuhan perusahaan, selaras dengan hukum permintaan dan penawaran.Pada alhirnya, organisasi yang tidak mempunyai kesempatan memilki karyawan bertalenta akan sulit bersaing bahakan menjalankan roda organisasinya.

 

Sesuai dengan hukum pareto, ada 20% sumber daya yang pengaruhnya 80% terhadap hasil / pencapaian.Pada kenyataanya didalam perudahaan juga ada sebagian kecil karyawan yang mebawa dampak signifikan bagi perusahaan.Mereka adalah para pimpinan perusahaan dan suksesornya, khususnya yang merupakan karyawan bertalenta harus menjadi bagian penting dalam organisasi.

Pengembangan karyawan bertalenta ini harus dilakaukan dalam sebuah manajemen talenta yang utuh, menyeluruh dan sejalan dengan konteks bisnis organisasi, mulai dari proses penerimaan, penugasan, pengembangan, siapa yang harus ditambah penugasan, dipromosikan, ditahan, diberikan imbalan sampai pemikiran aliran pipa karir karyawan bertalenta yang sesuai dengan kebutuhan organisasi.Dengan pengembangan yang tepat sesuai dengan kebutuhan bisnis, baik perusahaan maupun karyawan akan mendapat manfaat

  • Apakah mekanisme seleksi eksekutif bertalenta telah efektif menjaring talent pool PT X ?

Proses pengembangan karyawan bertalenta memerlukan usaha yang khusus dan mendalam.Untuk itu ada beberapa pertanyaan yang harus diperhatikan oleh perusahaan jika inggin pengembangan kepemimpinan berjalan dengan optimal sejalan dengan kebutuhan organisasi, sebagai berikut :

  • Bagaimana pelaksanaan sistim dan praktek implementasi pengembangan eksekutif bertalenta ?  Apakah perusahaan tidak mengalami kesulitan dalam mengisi posisi lowong dan kunci baik karena kebutuhan pengembangan perusahaan mauoun karena turn over ?
  • Apakah pengembangan eksekurif bertalenta telah mencapai hasil yang diharapkan ?
  • Bagaimana penyempurnaan program pengembangan eksekutif bertalenta secara integrative ?
  • Bagimanan mengukur dengan lebih tepat keberhasilan program pengembangan talenta ?  Bisakah dengan metode ROI ?

Semua pertanyaan diatas memerlukan tindakan yang tepat untuk menjawabnya.  Selamat mengembangan orang dan bakat-bakat terbaik dalam organisasi anda.