Mengapa Orang Mau Mengikuti Anda, Empat Prinsip 'Followership'

Published on December, 6th 2014
Written by Jack Alenzo

Minggu lalu saya bertemu dengan seorang tokoh yang dulu menduduki posisai tertinggi disebuah bank milik Negara dengan tingkat profi paling tinggi dijajarang bank pelat merah lainya.  Disela masa senja beliau, dengan karunia kesehatan yang prima untuk ukuran usianya dbeliau masih banyak beraktivitas termasuk banyak pelatihan dan pencerahan kepada pemimpin dan di berbagai perusahaan.


Sebuah poin penting dari percakapan kami adalah penjelasan tentang "kunci untuk menjadi seorang pemimpin.  Beliau berhenti sejenak dan berkata bahwa itu bukan tentang kepemimpinan semata, Namaun adalah juga  tentang  atribut "followership".  Oleh karena itu  para pemimpin potensial harus selalu bertanya pada diri sendiri "Mengapa ada yang mau mengikuti saya? "

Lebih kemudian dia menggambarkan empat atribut kunci yang kuat agar pimpinan dapat menarik "followership" yang kuat dari mitra kerja, bawahan abhakan atasan sendiri, yaitu :

 

  1. Kepercayaan:  Melalui perilaku sehari-hari "followership" mensyaratkan bahwa pemimpin tersebut memberikan bukti bahwa mereka dapat dipercaya.  Apakah Anda apa yang Anda katakan? Apakah Anda menjawab pertanyaan dengan jujur?  Apakah Anda transparan dan berbagi  tantangan dan sukses dengan tim Anda, apa hambatan, dan kebutuhan untuk mencapai tujuan Anda lebih besar?
  2. Stabilitas: Pemimpin dengan "followership"  kuat tetap tenang dalam menghadapi situasi panik dan memberikan rasa percaya diri kepada orang-orang di sekitar mereka.
  3. Compassion: Untuk mendapatkan maget "followership" yang kuat, pemimpin harus memiliki gairah tak henti-hentinya untuk orang-orang dan menunjukkan empati ketika orang-orang yang bertahan masa sulit.
  4. Harapan: "Followership" mensyaratkan bahwa pemimpin memiliki keyakinan teguh bahwa produk / layanan tidak hanya akan berhasil, namun akan mengubah hidup dan kesejahteraan semua anggota orgamisasi.

 

Banyak kali orang yang ditempatkan dalam peran kepemimpinan dan  percaya bahwa tim mereka akan mengikuti mereka karena judul pada kartu bisnis mereka dan bukan substansi karakter mereka. Kepemimpinan adalah sebagai banyak tentang menjadi orang yang orang ingin mengikuti seperti itu tentang mengetahui di mana tim dipimpin.

Jadi kembali Anda perlu bertanya kepada diri Anda, mengapa ada orang yang ingin mengikuti Anda?