Competitive Intelligence

Event on June, 14th 2016
Trainer: Fadli Afriadi SP. MM.

"langkah menuju world class company"

Pendahuluan

Tingkat persaingan bisnis saat ini semakin kompetitif, global, berbasiskan pengetahuan dan kemajuan informasi dan tekhnologi serta semakin cepat berubah. Korporasi dituntut semakin kreatif dan update terhadap berbagai perubahan dan pada sisi yang lain perusahaan dituntut tetap beroperasi dengan efektif dan efisien.

Keunggulan kompetitif muncul dari keunggulan internal yang didukung oleh SDM, tata kelola dan budaya kerja yang unggup serta kemampuan responsif atas perubahan yang terjadi sehingga mampu membuat keputusan kompetitif yang tepat dalam memenangkan persaingan. Pengambilan keputusan yang baik akan muncul dari informasi dan data yang akurat. Namun dengan konteks lingkungan yang semakin dinamis, akan semakin sulit mendapatkan dan memilah informasi yang tepat dalam pengambilan keputusan.

Kemajuan informasi dan tekhnogi juga menempatkan perusahaan pada kondisi “bomming informasi”. Birokrasi dan tata kelola di perusahaan juga memunculkan adanya filterisasi informasi sehingga menyebabkan banyak informasi yang dibutuhkan justru tidak diperoleh atau diabaikan.

Kompetitif intelligence merupakan upaya yang smart dalam mendapatkan informasi yang tepat dalam waktu yang cepat. Kompetitif intelligence juga merupakan upaya memotong birokrasi informasi  dalam memahami dinamika dan konteks pesaing, pasar, pelanggan, dan lingkungan eksternal lainnya. Keterlambatan dalam mendapatkan informasi, akan menyebabkan keterlambatan pengambilan keputusan sehingga gagal dalam menghadapi persaingan.

Kompetitif intelligence merupakan pengembangan dari marketing intelligence, muncul dari kesadaran bahwa memenangkan persaingan bukan lagi tantangan pemasaran semata namun merupakan tugas setiap bagian dalam perusahaan. Produk dan jasa yang berkualitas, memiliki daya saing dan mampu memenangkan hati pelanggan adalah hasil dari kerja SDM yang kompetitif, proses kerja yang kompetitif dan tata kelola yang kompetitif pula.

Pelatihan ini dimaksudkan untuk membekali staf senior dan manajer serta calon-calon manajer dengan pengetahuan dan kemampuan kompetitif intelligence, bagaiman mengetahui bagaiman mendapatkan informasi dengan cepat, mengelola informasi dengan tepat dan mengambil keputusan yang tepat pula.

Target Peserta

Pelatihan ini dibutuhkan semua bagian di perusahaan pada level Manager, Supervisor dan Senior Staf.

Tujuan Pelatihan

  1. Meningkatkan pengetahuan dan kemampuan mendapatkan informasi lingkungan bisnis dengan cepat dan akurat.
  2. Meningkatkan pengetahuan dan kemampuan mengelola dan menganalisa informasi lingkungan bisnis dengan cepat dan akurat.
  3. Meningkatkan pengetahuan dan kemampuan mengambil keputusan yang kompetitif.
  4. Meningkatkan daya saing perusahaan dalam menghadapi persaingan global.

Pokok Materi

  1. Pengertian dan Konsep Competitive Intelligence
  2. Peran CI bagi perusahaan
  3. Tata kelola Competitive Intelligence
  4. Informasi dalam Competitive Intelligence
    • Pasar dan Pemasaran
    • Volume, Profit, Market Share
    • Memahami pesaing dan daya saing pesaing
    • Memahami pelanggan
    • Pemerintah dan regulasi
  5. Sumber-sumber Informasi Market Intelligence
  6. Proses Kompetitive Intelligence hingga penyesatan Informasi
  7. Melakukan analisa informasi dan pengolahan informasi dan data
  8. Tahapan penerapan competitive intelligence
  9. Studi Kasus Implementasi Competitive Inteligence Intelligence

Metode Pelatihan

Metode yang digunakan adalah presentasi, diskusi interaktif, role play, penugasan dan praktek

 

Fasilitator

Fadli Afriadi, SP, MM

Alumni Agribisnis IPB dan Strategic Management MM UGM. Memulai karir di perusahaan konsultan yang berfokus pada peningkatan produktifitas dan efisiensi, melalui pembenahan manajemen dan implementasi system peningkatan kualitas SDMnya. Pernah memegang berbagai jabatan di perusahaan Retailer, Manufacturing dan terakhir menjabat sebagai Manager HRD dan Pengawasan di Perusahaan Pemegang Hak Pengusahaan Hutan (HPH).

Yang bersangkutan juga merupakan trainer di beberapa lembaga pelatihan dan telah memberikan pelatihan di berbagai perusahaan. Materi yang diberikan adalah Leadhersip, supervisory, manajemen, service exelent, quality improvement, cost reduction, dll.  Sebagai trainer, telah memfasilitasi di Bukaka, Nippon, Pismatex, Haier, Chub, Oigishi, Hitachi, Roxy group, etc. Sebagai konsultan Client yang pernah ditangani adalah Leuwitex, Pintu Mas, C 59, Megah, Fit-U, The Bodyshoop, Badiklat ESDM, Kompontren Sidogiri,  Etc.

 

Investasi: Rp. 2.000.000,- diskon 15% bagi pendaftar yang menyelesaikan pembayaran 2 minggu sebelum acara.

Contact Person:

  • Human Capital International
    • Name: Eko Wahyu Harianto
    • Phone: 0822 3433 4678
    • Pin: 57A0 D9A6
    • Email: wahyuharianto14@gmail.com
  • HRM Club
    • Name: Dewi Indrayani
    • Phone: 0856 9787 4119
    • Pin: 316C 88CF
    • Email: dewi_indrayani81@yahoo.co.id