5 Kunci dalam Mempimpin

Published on November, 12th 2014
Written by Jack Alenzo

Dalam buku "Pelajaran dari Pimpinan Puncak; Mencari Pemimpin Bisnis Terbaik",  Howard Schultz, CEO Starbucks, membuat pengamatan berikut:

"Saya pikir itu sangat sulit untuk memimpin ketika orang tidak benar-benar benar-benar berpartisipasi dalam keputusan. Anda tidak akan mampu menarik dan mempertahankan orang-orang hebat jika mereka tidak merasa seperti mereka adalah bagian dari strategi dan pelakuyang benar-benar penting. Jika Anda tidak memberi orang kesempatan untuk benar-benar terlibat, mereka tidak akan bertahan dan tinggal. "

Sebagai seorang pengusaha dengan karyawan, salah satu tujuan utama Anda adalah paling mungkin untuk menarik dan mempertahankan pekerja termotivasi. Jadi mari kita mempelajari lima ciri utama yang akan membantu Anda menjadi jenis pemimpin dan orang suka bekerja untuk dan dengan anda.

Kunci # 1: Anda harus memiliki visi. Kita semua pernah mendengar pepatah "Anda harus berdiri untuk sesuatu, atau Anda akan jatuh untuk semuanya." Tapi apa yang benar-benar berarti? Berdiri teguh ketika datang ke kebijakan dan prosedur perusahaan semua baik dan bagus, tetapi tidak  memiliki visi yang menantang. Sebagai seorang pemimpin, Anda harus belajar untuk berkomunikasi visi atau misi perusahaan Anda kepada orang-orang yang ingin mengikuti Anda. Tapi bagaimana Anda bisa melakukan itu?

     Belajar melukis gambar dengan kata-kata. Berbicara itu, menulis, menggambar, menyentuhnya. Metode apapun yang dapat Anda gunakan untuk membuat gambar, melakukannya. Seperti yang mereka katakan, "Sebuah gambar bernilai seribu kata."
     Tanyakan setiap manajer lain di perusahaan Anda untuk memberitahu Anda, kata-kata sendiri, tentang visi perusahaan. Seberapa dekat dengan apa yang Anda pikir mereka mengerti? Apakah tim Anda pada halaman yang sama dan pemahaman yang sama seperti Anda?
     Ketika Anda bekerja, visi perusahaan Anda harus berada dalam pikiran Anda setiap hari, dan Anda harus mengevaluasi kembali sesekali sehingga tetap berjalan dengan perubahan zaman di mana kita hidup. Dan ingat, staf Anda harus sama terlibat seperti Anda dalam menjaga up to date jika Anda benar-benar ingin mereka untuk membeli di atas visi. Pastikan untuk menjaga pemain kunci terlibat.

Kunci # 2: Anda harus memiliki gairah. Karyawan Anda ingin gairah; pada kenyataannya, mereka akan pergi ke ujung bumi karena itu, hidup dan mati untuk itu. Pikirkan pelaut yang bepergian dengan Christopher Columbus atau Leif Ericsson untuk mengeksplorasi wilayah yang belum dipetakan. Gairah pemimpin mereka mengilhami mereka untuk menghadapi tantangan baru dan sangat berbahaya.  Untuk membangun sebuah tim manajemen yang luar biasa, Anda harus menyalakan "api dalam perut mereka," untuk mendapatkan mereka untuk merasakan gairah tentang perusahaan dan terhubung ke visi pemimpin. Gairah adalah suatu bagian penting dari menjadi seorang pemimpin besar dan akan fatal akibatny jika Anda tidak memilikinya, Anda tidak bisa menjadi seorang pemimpin besar. Pikirkan semua pemimpin besar sepanjang zaman dan mencoba untuk nama salah satu yang tidak memiliki gairah.  Dan gairah adalah menular: Ketika Anda berbicara tentang visi Anda untuk perusahaan, biarkan gairah Anda akan membakar dan menyinari visi Anda. Orang lain akan merasakannya dan ingin mendapatkan di papan dengan Anda. Jika Anda tidak memiliki gairah untuk visi Anda, Anda perlu menciptakan visi atau membingkai keterangan visi Anda sehingga terhubung ke gairah Anda.

Kunci # 3: Anda harus belajar untuk menjadi pembuat keputusan besar. Bagaimana keputusan penting yang dibuat di perusahaan Anda? Apa proses untuk membuat mereka? Sebagai contoh, apakah Anda berbicara dengan tim manajemen dan membuat daftar pro dan kontra untuk membantu Anda membuat keputusan yang terbaik? Mungkin Anda melakukan analisis biaya. Atau apakah Anda membuat waktu untuk strategi implementasi, proses dan waktu?

Beberapa pemimpin memiliki proses set. Tapi Anda tidak ingin menjadi salah satu pemimpin yang berkonsultasi, mengumumkan perubahan pada hari berikutnya dan kemudian mendapat frustrasi ketika tidak ada yang mengikutinya. Jika Anda salah satu dari mereka, saya mendorong Anda untuk menerapkan proses set. Bahkan, di sini adalah sistem yang dapat digunakan untuk menjadi pembuat keputusan yang lebih baik. Ini disebut Q-CAT:

     Q = Cepat. Jadilah cepat tetapi tidak tergesa-gesa.
     C = Berkomitmen. Berkomitmen untuk keputusan Anda, tapi tidak kaku.
     A = Analytical. Jadilah analitis, tetapi tidak over-menganalisis (Terlalu banyak analisis dapat menyebabkan kelumpuhan.)
     T = bijaksana. Jadilah bijaksana tentang semua yang bersangkutan, tapi jangan obsesif.

Bila Anda menggunakan Q-CAT, itu akan membantu Anda untuk memutuskan kapan untuk membawa orang lain ke dalam proses dan langkah-langkah apa yang perlu diambil untuk membantu Anda membuat keputusan yang lebih baik.

Kunci # 4: Anda harus menjadi pembangun tim. Untuk menjadi seorang pemimpin besar, Anda harus mengembangkan tim yang hebat. Tapi bagaimana Anda melakukannya? Anda dapat memulai dengan menyerahkan tanggung jawab kepada tim Anda dan membiarkan tim Anda untuk menjalankannya. Jangan menghirup bawah leher mereka dan tidak micromanage, tapi membuat diri tersedia jika pertanyaan atau masalah muncul. Ajarkan tim Anda untuk menggunakan Q-CAT pengambilan keputusan sistem dan memberi mereka kebebasan untuk bekerja melalui keputusan sendiri.

Key Trait # 5: Anda harus memiliki karakter. Tanpa karakter, semua yang lain "kunci diatas" menjadi sia-sia. Itu karena kekuatan karakter bawaan Anda dan keterbatasan memainkan peran penting dalam gaya kepemimpinan Anda. Pertanyaan sebenarnya adalah, apakah Anda menyadari apa peran yang mereka mainkan? Semua pemimpin besar telah mengambil langkah-langkah untuk belajar tentang kepribadian masing-masing dan apa bagian yang dimainkannya dalam gaya kepemimpinan mereka.

Jadi apa gaya kepemimpinan Anda? Jika Anda tidak tahu, ada banyak penilaian gaya kepemimpinan yang tersedia di pasar. Dua yang populer yang telah ada selama bertahun-tahun adalah Myers-Briggs assessmentand "360-Gelar Feedback" model. Ada puluhan lainnya untuk memilih dari - bagian penting adalah bahwa Anda "Just do it," sebagai iklan Nike akan berkata, dan melihat bagaimana Anda tingkat. Ini adalah cara yang baik untuk melakukan "karakter cek" pada diri sendiri dan kemampuan kepemimpinan Anda.

Kemudian, setelah Anda melakukan penilaian, pertanyaan untuk bertanya pada diri sendiri adalah, apakah Anda merasa karakter Anda sesuai dengan apa yang penilaian yang menunjukkan kepada Anda?

Jika Anda merasa ciri-ciri tidak cocok yang Anda pikir Anda, maka terlihat sedikit lebih dalam dan jujur dengan diri sendiri. Kadang-kadang respon pertama kita adalah defensif. Anda mungkin ingin menilai diri Anda dengan berbagai jenis profil dan kemudian membandingkan hasilnya. Dalam model Feedback 360 Degree, ada kesempatan untuk melihat bagaimana karyawan Anda dan rekan-rekan melihat Anda, juga. Dalam belajar untuk menjadi seorang pemimpin besar, langkah pertama adalah terbuka untuk umpan balik tentang diri Anda sebagai pemimpin dan terpisah dari Anda orang.

Jadi, apakah Anda seorang pemimpin besar? Atau apakah Anda memiliki keinginan untuk menjadi salah satu? Ingat, seorang pemimpin besar adalah seseorang yang memiliki visi yang jelas dan dapat mengubah visi tersebut menjadi gambaran yang jelas bahwa orang lain bisa melihat. Ketika Anda berbicara tentang visi Anda, itu harus dengan gairah Anda merasa di dalam hati Anda, gairah yang menciptakan begitu banyak antusiasme yang tim Anda akan ingin melompat di kapal. Ketika keputusan penting harus dibuat, Anda harus mendorong semua orang untuk menggunakan sistem Q-CAT dan bertanggung jawab atas tindakannya sendiri. Dan Anda harus terus-menerus menilai karakter Anda sendiri dan tidak pernah berhenti tumbuh, secara pribadi atau profesional.

Jika Anda dapat menerapkan lima kunci untuk kepemimpinan yang besar, Anda akan baik di jalan untuk menjadi seorang pemimpin besar yang dikelilingi oleh karyawan yang hebat!